Tips Sederhana Menjaga Kinerja Android





 Tips Menjaga Kinerja Android


Android, OS (operating system) yang sedang ngetrend, kenapa ngetrend? Karena di Android penggunanya dapat mendownload berbagai macam aplikasi. Android sukses menggeser ketenaran BlackBerry, yang eksis di karena aplikasi BBM’nya (BlackBerry Massenger). BB / BlackBerry mudah di saingi Android karena di BB OS hanya menawarkan aplikasi yang sedikit, dan membosankan menurut saya pribadi. Jujur, saya tidak tertarik sama sekali dengan BlackBerry. Oke, langsung aja ke inti dari postingan ini. Kali ini gue bakal sharing SEDIKIT tentang cara / tips menjaga kinerja Android.

1. Pakai kartu SD / Micro SD 2 – 4 Giga saja.

Kenapa demikian? Karena, semakin besar memori SD yang ada di Android kita maka semakin beringas pula kita memasukan berbagai macam data seperti Mp3, foto-foto, video-video, catatan-catatan, dan berbagai data lainnya. Logikanya, semakin banyak data yang ada di Android kita maka semakin berat pula kinerja Android tersebut. Ibarat orang, jika terlalu banyak diisi dengan berbagai macam data maka orang tersebut akan berfikir lebih keras dan akhirnya menjadi TelMi (Telat Mikir) kasihan.

2. Pakai aplikasi seperlunya saja

Dengan banyaknya aplikasi yang ditawarkan oleh Android OS, kita biasanya khilaf. Semua aplikasi yang sedang ngetrend kita instal ke Android tanpa memikirkan memori internal, RAM, dan spek-spek lain Android kita. Hasilnya???? Iya, Android menjadi LEMOT, lama untuk membuka aplikasi, Android sering ngeHANK, lama kelamaan Android kita di service, rugi bro. Kalau gw pribadi sih hanya butuh beberapa aplikasi seperti BBM (ini WAJIB), Opera Mini, Clean Master, Battery Doctor, screen filter, dan 1 game Android legendarissssss POU. Udah itu aja aplikasi yang ada di Android gue. Yak, intinya sih instal aplikasi yang seperlunya untuk tetap menikmati kinerja Android yang OPTIMAL. 


3. Instal aplikasi pengoptimal Android

Gini, coba deh instal aplikasi untuk optimalisasi kinerja Android mu. Contohnya, Clean Master. Gue juga pakai aplikasi ini. Aplikasi ini tuh simple banget bro, lu tinggal buka aplikasinya terus lu pilih deh “pengoptimal memory” untuk menghentikan berbagai macam aplikasi yang tidak penting, pokoknya biar optimal deh kinerja Android kita. Instal aja dulu, biar kalian rasain sendiri kemudahannya. Di aplikasi ‘clean master’ kalian bisa juga mengecheck temperatur Android kalian, keren kan? Keren dong.

4. Matikan Android ketika tidur

Ya, kebanyakan orang-orang sering menghidupkan HP selama 24 jam NON STOP. Sumpah, ini penyiksaan banget. Nggak mikir peri KeAndroidtan emang >___< Android juga manusia bro “EH” doi juga butuh istirahat. Kalau mau awet sih LEBIH BAIK, ketika malam sampai pagi hari Android di matiin sepenuhnya aja (y)

5. Jangan charger berjam-jam

Ini juga salah satu penyiksaan terhadap Android, kita pasti sering banget tuh charger HP dari malam menjelang tidur hingga pagi hari kita bangun. Itu KETERLALUAN namanya, baterai Android kita bisa Over Loaded. Hasilnya, ya baterai cepat habis dan akhirnya ganti baterai baru. Rugi.

6. Jangan mainin Android ketika di charger

Ini juga sering banget kita lakuin, mainin Android dalam keadaan sedang di isi ulang baterai. Ternyata, tindakan ini membuat HP ngeDROP brooo alhasil baterai bisa menggelembung dan RUSAK PERMANEN :(

Udah, segitu aja tips yang gue sharing / bagi ke kalian semoga membantu menjaga kinerja Android kalian. Yang belum punya Android, ya buruan beli sebelum pakai Android di haramkan FPI hehehehe

Kalau kalian ada tips-tips yang lain, bisa tuh di sharing di kolom komentar. :)

BACA JUGA : 

CARA CEPAT ISI BATERAI ANDROID



 Tips sederhana menjaga kinerja ANDROID

  Tips sederhana menjaga kinerja ANDROID



37 comments