Tips Sederhana Menjaga Kinerja Android

loading...


 Tips Menjaga Kinerja Android


Android, OS (operating system) yang sedang ngetrend, kenapa ngetrend? Karena di Android penggunanya dapat mendownload berbagai macam aplikasi. Android sukses menggeser ketenaran BlackBerry, yang eksis di karena aplikasi BBM’nya (BlackBerry Massenger). BB / BlackBerry mudah di saingi Android karena di BB OS hanya menawarkan aplikasi yang sedikit, dan membosankan menurut saya pribadi. Jujur, saya tidak tertarik sama sekali dengan BlackBerry. Oke, langsung aja ke inti dari postingan ini. Kali ini gue bakal sharing SEDIKIT tentang cara / tips menjaga kinerja Android.

1. Pakai kartu SD / Micro SD 2 – 4 Giga saja.

Kenapa demikian? Karena, semakin besar memori SD yang ada di Android kita maka semakin beringas pula kita memasukan berbagai macam data seperti Mp3, foto-foto, video-video, catatan-catatan, dan berbagai data lainnya. Logikanya, semakin banyak data yang ada di Android kita maka semakin berat pula kinerja Android tersebut. Ibarat orang, jika terlalu banyak diisi dengan berbagai macam data maka orang tersebut akan berfikir lebih keras dan akhirnya menjadi TelMi (Telat Mikir) kasihan.

2. Pakai aplikasi seperlunya saja

Dengan banyaknya aplikasi yang ditawarkan oleh Android OS, kita biasanya khilaf. Semua aplikasi yang sedang ngetrend kita instal ke Android tanpa memikirkan memori internal, RAM, dan spek-spek lain Android kita. Hasilnya???? Iya, Android menjadi LEMOT, lama untuk membuka aplikasi, Android sering ngeHANK, lama kelamaan Android kita di service, rugi bro. Kalau gw pribadi sih hanya butuh beberapa aplikasi seperti BBM (ini WAJIB), Opera Mini, Clean Master, Battery Doctor, screen filter, dan 1 game Android legendarissssss POU. Udah itu aja aplikasi yang ada di Android gue. Yak, intinya sih instal aplikasi yang seperlunya untuk tetap menikmati kinerja Android yang OPTIMAL. 


3. Instal aplikasi pengoptimal Android

Gini, coba deh instal aplikasi untuk optimalisasi kinerja Android mu. Contohnya, Clean Master. Gue juga pakai aplikasi ini. Aplikasi ini tuh simple banget bro, lu tinggal buka aplikasinya terus lu pilih deh “pengoptimal memory” untuk menghentikan berbagai macam aplikasi yang tidak penting, pokoknya biar optimal deh kinerja Android kita. Instal aja dulu, biar kalian rasain sendiri kemudahannya. Di aplikasi ‘clean master’ kalian bisa juga mengecheck temperatur Android kalian, keren kan? Keren dong.

4. Matikan Android ketika tidur

Ya, kebanyakan orang-orang sering menghidupkan HP selama 24 jam NON STOP. Sumpah, ini penyiksaan banget. Nggak mikir peri KeAndroidtan emang >___< Android juga manusia bro “EH” doi juga butuh istirahat. Kalau mau awet sih LEBIH BAIK, ketika malam sampai pagi hari Android di matiin sepenuhnya aja (y)

5. Jangan charger berjam-jam

Ini juga salah satu penyiksaan terhadap Android, kita pasti sering banget tuh charger HP dari malam menjelang tidur hingga pagi hari kita bangun. Itu KETERLALUAN namanya, baterai Android kita bisa Over Loaded. Hasilnya, ya baterai cepat habis dan akhirnya ganti baterai baru. Rugi.

6. Jangan mainin Android ketika di charger

Ini juga sering banget kita lakuin, mainin Android dalam keadaan sedang di isi ulang baterai. Ternyata, tindakan ini membuat HP ngeDROP brooo alhasil baterai bisa menggelembung dan RUSAK PERMANEN :(

Udah, segitu aja tips yang gue sharing / bagi ke kalian semoga membantu menjaga kinerja Android kalian. Yang belum punya Android, ya buruan beli sebelum pakai Android di haramkan FPI hehehehe

Kalau kalian ada tips-tips yang lain, bisa tuh di sharing di kolom komentar. :)

BACA JUGA : 

CARA CEPAT ISI BATERAI ANDROID



 Tips sederhana menjaga kinerja ANDROID

  Tips sederhana menjaga kinerja ANDROID



Post a Comment

39 Comments

  1. "6.Jangan mainin Android ketika dicharger" <--- wis kulino ki angel di lakoni :v :3

    ReplyDelete
  2. yang keenam ini sudah ku lakukan bang ekie walau yang kedua itu berat aku lakukan hehehe

    ReplyDelete
  3. @Lapak Medan bagus (y) hihihi usaha yaaa biar androidnya aman plus optimal kerjanya

    ReplyDelete
  4. wahhhh 5 sama 6 sering bgt!hehee... slm kenal ya

    ReplyDelete
  5. mainin hp lagi diisi, lupa cabut batre itu aku hehehe.... tapi aku udah cabut aplikasi game di andro sama yang ga perlu2. Clean Master juga aku install. Kapok dah hpku ngehang dan amti gaya 2 hari. :D

    ReplyDelete
  6. wah. aku gak pernah matiin hape nih. selalu idup 24 jam. aku jahat :(
    aplikasi gua banyak banget sih ini. meski jarang-jarang di pake, tapi sayang aja di unin. haha

    ReplyDelete
  7. hahaha, ya kalo lagi seru chattingan terus hape lowbat, mau gak mau dimainin dong :D
    terimakasih postingan nya mengingatkan gue, "kalo malem dimatiin ya?"
    gue gak pernah matiin, wkwk oke jahat

    ReplyDelete
  8. jangan mainkan android kalau lagi ngecas itu susah banget diterapin sama yang satu lagi dimatiin pas tidur, haduuhh jadi gak bisa tidur gua kalo hp nya dimatikan hahaha mampir balik yaa http://nostalgiadoeloe.blogspot.com/2014/09/walkman.html

    ReplyDelete
  9. @Efi Fitriyyah iya kan gampang ngehang klo nggak kontrol yg gunain androidnyaa

    ReplyDelete
  10. Hai ijin blogwalking ya ;-)
    Ada info lomba blog nih. Klik link ini ya. Makasih:)

    ReplyDelete
  11. Udah keren nih tipsnya. Mkasih sob!

    ReplyDelete
  12. @Achmad Mutohar yaaaa sama sama brooo udh mampir blog gue makasih lhoo

    ReplyDelete
  13. Kalau saya mah biar awet ga dipake-pake aja tuh hapenya, simpen terus aja di box pembeliannya. Pasti awet.

    ReplyDelete
  14. Halooo, Kak! Mau ikut jelajah Kalimantan GRATIS & dapetin MacBook Pro?

    Ikuti lomba blog "Terios 7 Wonders, Borneo Wild Adventure" di http://bit.ly/terios7wonders2015

    Jangan sampai ketinggalan, ya!

    ReplyDelete
  15. tipsnya bagus mbak dan dalem banget :D hehehe
    thanks mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru tau kalo memory kegedean makin bikin lemot

      Delete
    2. memori eksternal lho yg saya maksud
      bukan yg internal

      Delete
  16. aku kadang masih suka make hp ketika lagi di charge nih.. ternyata ga boleh yaaaa.. duh.. :|

    ReplyDelete
  17. Kalau android kamu udah rusak, cari ajah gantimya via priceza.co.id mau cari murah/mahal atau pilih spek terkomplit harga sedang, bisaaa!

    ReplyDelete
  18. Ah bener, saya punya 16 GB memori eksternal. Dan berat, kalau buka gallery bakalan lama.

    Cara Repost Instagram

    ReplyDelete
  19. Sederhana tapi work banget nih, kebanyakan orang lupa hal-hal demikian lalu ngeluh androidnya lemot hehehe

    ReplyDelete
  20. Kirain SD card nggak ngaruh ke performa ponsel. Jadi, mending pakai yang kecil aja, ya.

    ReplyDelete
  21. sering banget sih updateblog ginian di twitter..:D haha

    ReplyDelete

Berkomentarlah sesuka hati kalian, bebas promo blog kalian di blog ini, asal nggak promo blog yang porno atau perjudian, terimakasih