Sepatu Vans, Gaya Asyik yang Menarik


Sebelum mengenal sepatu Vans, mari mengenal apa itu Vans terlebih dahulu. Vans merupakan pabrik Amerika yang memproduksi sepatu karet, snowboarding boot, sepatu skateboarding, sepatu BMX, dan jenis-jenis sepatu lainnya. Pertama kali, pabrik Vans ini didirikan oleh Paul Van Doren dan saudaranya James Van Doren, dan ketiga temannya pada 16 Maret 1966 di California, tepatnya 704 E. Broadway di Anaheim.
Pabrik sepatu Vans ini awalnya diberi nama Van Doren Rubber Company, yang dikenal sebagai pembuat sepatu sol karet yang lebar dengan model yang sangat California kasual dan stylish. The Classic Vans Slip-on, dibuat menjadi ikon oleh Sean Penn di Fast Times at Ridgemont High. Sepatu Vans ini pada awalnya ditemukan sebagai sepatu kapal dengan cengkeraman ekstra untuk menjaga pemakai tetap kuat dan berada di dek. Telah dikutip dari NewYork Times bahwa Van Doren berkolaborasi dengan kimiawan untuk mengembangkan resep karet yang digunakan untuk sol sepatu Vans-nya. Ia seorang insinyur mesin dari training yang juga menemukan karakteristik tapak berpola intan, terganggu oleh pembalut dengan enam bintang timbul di jantung kaki. Karet dan tapak yang disatukan membuat solnya merekat. Kerekatan tersebut menjadi saat-saat yang tepat sasaran, apalagi dengan munculnya budaya skateboard. Budaya ini membutuhkan cengkeraman yang lebih baik untuk peningkatan performa dengan ambisi menguasai maneuver di udara. Sepatu Vans ini menjadi salah satu merk yang kemudian dikenal di kalangan pengguna skateboard.

Beberapa pengguna sepatu Vans mungkin menggunakan ukuran yang pas atau terlalu pas di kakinya, sehingga terasa kurang nyaman. Untuk mengatasinya anda dapat melonggarkan sepatu anda tersebut. Caranya adalah dengan menyemprotkan stretcher spray di sepatu kulit anda. Semprotkan di titi-titik yang ingin anda longgarkan. Selain itu, mungkin anda dapat menggunakan lebih dari satu buah kaos kaki saat memakainya. Cara ini mungkin agak menyakitkan walaupun kemungkinan berhasil cukup tinggi. Terakhir, anda dapat mencuci sepatu Vans anda lebih dari sekali dan keringkan dengan udara untuk memperluas sepatu asli anda. Tingkat kemungkinan berhasil mungkin tidak terlalu tinggi, namun anda dapat mencoba untuk mengetahui hasilnya.

Sepatu Vans adalah salah satu jenis sepatu yang kasual dan longgar bentuknya. Sepatu ini menjadi salah satu jenis sepatu terbaru yang diinginkan konsumen begitu budaya skateboard mulai merebak. Vans memberikan keleluasaan dan tingkat kerekatan yang lebih untuk digunakan dalam berkolaborasi dengan skateboard dibanding merk lainnya. Dengan sepatu ini, para skateboarders tidak lagi khawatir dalam mengembangkan teknik maneuver di udara. Beberapa koleksi sepatu Vans merupakan sepatu dengan lukisan yang artistik, unik, dan lembut. Lukisan-lukisan tersebut biasanya bernuansa klasik dan orisinil. Kombinasi warnanya yang beragam dan kreatif menjadikan Vans sebagai salah satu ide perkembangan seni sepatu lukis dan skateboarder.

Ada berita duka mengenai salah satu "Ayah" sepatu Vans ini. Pada tanggal 12 Oktober 2011 lalu, salah satu pendiri Vans, James Van Doren, tutup usia. Di rumahnya di Fullerton, California, James meninggal karena mengidap kanker. Ia telah membantu memperluas fasilitas produksi dan memperluas garis produk Vans, termasuk juga sepatu atlit yang beragam. Di pernikahan pertamanya, ia menemui ujung perceraian dari Kathleen Ann Belcher. Selain istrinya, Char, James Van Doren bertahan hidup dengan dukungan dua saudaranya; Paul dan Robert, seorang saudara perempuan; Bernice Chute, tiga anak dari pernikahan pertamanya; James Jr., Mark, dan Eric, serta lima orang cucu.

Vans pernah menjadi sponsor dalam seri the Inaugural Triple Crown yang dikembangkan menjadi the Vans Triple Crown di tahun 1994. Forbes juga menyandang Vans sebagai salah satu pabrik kecil terbaik Amerika di tahun 200 dan 2001. Selain itu, Vans telah menjadi sponsor utama dalam Warped Tour, sebuah pesta musik, sejak tahun 1995. Vans juga memegang hak nama di BOWL-A-RAMA Bondi, Sydney, Australia. Prestasi dan nama telah diraih Vans, maka kerja keras dan ketekunan akan semakin dibutuhkan. Apresiasi dan penghargaan juga patut diberikan pada James Van Doren atas kontribusinya memperbesar nama Vans. Jenis-jenis terbaru sepatu Vans semakin beragam dan menarik. Pilih satu favorit anda!



Post a Comment

0 Comments