10 Tips Menghemat Uang Bagi Wanita

Wanita + Uang : Boros #LogikaEky

Yak kebanyakan wanita jika memegang uang “lebih” akan menjadi boros. Nggak hanya wanita sih, pria juga #Jujur.

Ada banyak alasan bagi wanita untuk lebih cerdas mengelola keuangan mereka. Perempuan menikah misalnya, kerja atau tidak, keuangan selalu mereka yang mengontrol. Berikut adalah “10 Tips Menghemat Uang Bagi Wanita” :

1. Catat Semua Pengeluaran


Rekam semua pengeluaran sampai yang terkecil. Laundry, make up, belanja, sampai setiap rupiah yang anda habiskan di cafe. Selanjutnya, buatlah catatan anggaran, tentukan berapa rupiah yang anda harus keluarkan untuk beberapa variabel pengeluaran. Bayangkanlah berapa banyak uang yang bisa anda sisihkan dengan melihat catatan anggaran tadi yang anda buat.

2. Belanja Bahagia


“Belanjalah saat senang, bukan belanja untuk kesenangan” Penelitian menunjukan, jika anda belanja saat depresi, sedih, ataupun galau, anda akan mengeluarkan lebih banyak uang untuk barang yang sebenarnya tidak anda perlukan. Jika anda sedang galau, lebih baik tenangkan dulu diri anda, dengan berfikir jernih maka kegiatan belanja akan lebih efektif.

3. Kualitas Bukan Kuantitas


Jangan tergiur dengan harga-harga barang yang murah! Ingat, kualitas yang anda cari. Ingat, berhemat itu bukan berarti menjadi pelit. Meskipun harus membayar sedikit mahal, tapi jangka pakainya lebih lama (misal beli HP) lebih baik beli yang agak mahal tapi bertahan lama, daripada murah tapi 3 bulan rusak, beli lagi dong? Boros!!!

4. Tidak Perlu Takut Dengan Kartu Kredit


Kartu kredit identik dengan boros? Jadul!!! Anda bisa mendapat bonus-bonus menarik dan potongan harga jika pintar menggunakan kartu kredit. Dan, yang paling penting jangan lupa membayar iuran bulanan kartu kredit jika tidak ingin dikenai bunga apapun.


5. Nongkrong Di Rumah


Hampir semua kegiatan yang dilakukan di rumah LEBIH MURAH daripada melakukannya di luar rumah.

6. Minum Lebih Banyak


Minum air tidak hanya membantu kesehatan tubuh, tapi kesehatan dompet juga bisa terjaga. Kok Bisa? Ya, karena dengan meminum segelas besar air sebelum makan, anda akan mencerna makanan lebih baik sekaligus menghemat uang dengan membeli porsi makanan yang lebih sedikit. Diet tubuh dan dompet bersamaan bro !!!

7. Beli Asuransi


Asuransi diciptakan untuk menghemat uang anda!! Percaya atau tidak??? Mungkin disaat anda membayar bulanan tapi tidak mengklaim apapun anda merasa RUGI. Namun, ketika anda membutuhkannya, tagihan akan terasa ringan dibanding anda tidak memakai asuransi.

8. Menabung Di Awal Bulan

Sisihkanlah 10% sampai 30% dari penghasilan anda setiap bulan. Langkah ini membantu anda untuk tidak mengeluarkan uang secara sia-sia. Selain baik untuk jangka panjang, dana ini juga sangat berarti sebagai dana darurat.

9. Arisan Di Rumah

Adakan arisan di rumah, dengan teman teman. Arisan itu menabung juga lho, dan adakan arisan di rumah saja untuk lebih hematnya.

10. Pensiun Dini

Di Indonesia tidak banyak jenis pekerjaan yang menawarkan dana pensiun. Oleh karena itu, buatlah “rekening pensiun” sejak awal!!

4 comments