Tips Membuat Trending Topic di Twitter


Akhir-akhir ini banyak pengguna twitter Indonesia yang sering menduduki jajaran trending topic dunia. Ya, membuat sesuatu menjadi trending topic di twitter ternyata cukup mudah, asal Anda tahu caranya. 

1. Mulailah dengan menciptakan topik yang memancing pertanyaan atau tantangan yang dapat membuat followers merasa terlibat. 
Agar hashtag menjadi percakapan dan trend, ada beberapa poin yang perlu dimasukkan dalam tweet Anda: 
- Hal-hal lucu
- Cerita personal
- Mengemukakan opini
- Merekomendasikan sesuatu yang disukai atau tidak disukai

Contoh: 
#mystupidface (lucu dan personal)
#ihatewhen (cerita personal)
#ithinkobama (mengemukakan opini)
#bandsilove (merekomendasikan sesuatu yang disukai atau tidak disukai)

2. Bicarakan event-event besar yang menarik, seperti konser, launching gadget terbaru, game expo, dll.

3. Buatlah sebuah kontes dengan batasan waktu. Ini kalau Anda memiliki uang lebih dan bingung bagaimana menghabiskannya :) Ya, karena setiap kontes pasti akan menawarkan hadiah. Berikan hadiah yang menarik dan sedang trend, seperti iPad, Xbox, PSP, dll. Pemenang akan dipilih dari tweet yang paling menarik dan menyertakan hashtag tertentu.

4. Berikan juga hadiah untuk tweet yang paling sering diretweet. Semakin sering diretweet, semakin sering pula hashtag itu muncul dan berpeluang menjadi trending topic. Ini juga akan menjadi tantangan bagi followers agar lebih kreatif dan menarik orang lain untuk mau meretweet.

5. Ingatkan tweeters untuk meminta followers “Please Retweet”. Percaya atau tidak, tweet yang sering menjadi trending topic menyertakan “Please Retweet” dalam tweetnya. Kata “Please Retweet” ini juga akan menarik orang untuk ingin tahu, apa sih yang harus mereka retweet. 

6. Gunakan “tweeting time” yang paling aktif. Banyak research yang mencari tahu jam paling aktif untuk tweeting. Seperti primetime dalam acara televisi, twitter juga memiliki jam utamanya. Kebanyakan orang aktif menggunakan twitter pada pukul 9.00, 13.00, dan 16.00. Atau Anda memiliki opini sendiri tentang tweeting time? Go ahead!

So.. sudah siap membuat trending topic? 

Post a Comment

0 Comments